Saturday, December 13, 2008

Meningkatkan Kualitas Keyakinan Diri

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ia sedang menzalimi diri dan penciptaNya. Ia terus meminta kesuksesan dan kebahagian dalam hidup, tanpa disertai keyakinan bahwa Allah akan memberikan apa yang dimintanya. Allah sesuai dengan prasangka hambaNya. Seorang hamba yang yakin akan pertolongan Allah, maka dengan sangat meyakinkan pula Allah akan menolongnya. Seorang hamba yang yakin doanya akan dikabulkan, maka Allah akan mengabulkan doa-doanya tersebut melebihi apa yang dia minta.

Bagaimana cara kita meningkatkan keyakinan diri? Ada tiga tahapan yang harus kita lewati dalam usaha meningkatkan kualitas keyakinan diri:
Pertama "Ilmul Yakin". Yaitu meyakini segala sesuatu berdasarkan ilmu atau pengetahuan. Misal, dimakah ada ka,bah kita percaya saja karena teorinya seperti itu.

Kedua "Ainul Yakin". Yaitu keyakinan yang timbul karena kita telah melihatnya dengan mata kepala sendiri. Orang yang telah melaksanakan ibadah haji sangat yakin bahwa ka,bah itu ada karena dia telah melihatnya. Keyakinan karena melihat, kualitasnya akan lebih baik dibandingkan dengan keyakinan karena ilmu.

Ketiga "Haqul Yakin". Orang yang telah haqul yakin akan memiliki keyakinan yang dalam dan terbukti kebenaranya. Orang yang telah menikmati thawaf, berdoa diMultazam, merasakan ijabahnya doa, akan memiliki keyakinan jauh lebih mendalam dari dua keyakinan sebelumnya. Inilah tingkat keyakinan tertinggi yang akan sulit diruntuhkan dan dicabut dari orang yang memilikinya.

Cara meningkatkan kualitas keyakinan diri, sejatinya harus melalui proses dan tahapan-tahapan, mulai dari 'ilmul yakin, 'ainul yakin, hingga haqqul yakin.

No comments: